Bunga Rosella Untuk Mengobati Penyakit Gusi

Tips Hidup Sehat

Bunga Rosella Untuk Mengobati Penyakit Gusi

Manfaat bunga rosela antara lain berkhasiat untuk mengobati penyakit gusi. Penelitian terhadap bunga rosela membuktikan bahwa ekstrak kelopak bunga rosela atau juga disebut Hibiscus sabdariffa L mampu menghambat perkembangan bakteri Streptococcus sanguinis pada gigi kita. Bakteri Streptococcus sanguinis, menjadi pemicu terbentuknya plak gigi dan penyebab gingivitis atau radang gusi. Khasiat rosela dipercaya sebanding dengan klorheksidin.


Trijani Suwandi adalah seorang dokter gigi spesialis periodonti yang melakukan penelitian terhadap rosela. Beliau melalui disertasinya di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia menyampaikan hasil  tentang manfaat bunga rosela. Trijani menjelaskan, bunga rosela bisa menjadi pengganti klorheksidin sebagai obat tradisional yang aman dan tidak mengakibatkan efek samping. Jika dibandingkan dengan klorheksidin, bunga rosela lebih baik. Efek samping klorheksidin bisa menyebabkan warna hitam pada gigi dan lidah serta menimbulkan iritasi karena mengandung cukup banyak alkohol.

Dengan berkurangnya bakteri sanguinis, plak dalam rongga mulut juga akan berkurang dan jumlah bakteri patogen bisa di minimalisir, bahkan mungkin tidak ada pelekatan plak sama sekali. Ekstrak kelopak bunga rosela memiliki kadar hambat minimal dan kadar bunuh minimal pada konsentrasi 0,78 persen mampu menghambat munculnya bakteri Streptococcus sanguinis, perusak kesehatan gigi.


Menjaga kebersihan rongga mulut secara intensif dapat menghindarkan kita dari penyakit sistemik, seperti stroke, diabetes, dan jantung. Kesehatan mulut akan berdampak pada kesehatan tubuh yang lain. paling banyak masuk lewat mulut. Dan ternyata, dari hasil penelitian juga membuktikan hubungan antara penyakit gusi pada ibu hamil dan kelahiran bayi prematur, hasilnya 90 persen kasus kelahiran bayi prematur terjadi dengan ibu yang menderita penyakit gusi.

Disarankan bagi yang memiliki masalah dengan gangguan gusi, dapat memanfaatkan kelopak bunga rosela yakni menggunakan rebusan kelopak bunga rosela menjadi obat kumur, yang bukti ilmiah sudah ada meskipun saat ini belum ada pengembangan lebih lanjut dengan memproduksi sebagai obat yang dijual dipasaran. Demikian manfaat, khasiat bunga rosela sebagai obat mengatasi penyakit gusi yang aman dan ampuh. Sekian semoga bermanfaat.

Komentar

  1. Hey guys this is my new website please tap on it and show some support thanks surecuet.com kindly tap on the link and visit once thanks

    BalasHapus
  2. I've been searching for the Web-based Yoga Educator Preparing program for a really long time, and I can at last say that I've found my thought process is an unlikely treasure among all the yoga schools out there, and that is… ULU Yoga! I've as of late graduated their RYT500 (500hrs) YTT course and I cherished each moment of it. You'll advance so a lot, from hatha yoga, vinyasa yoga, ashtanga, yin, reflection, theory, life systems, examination, and so on. Curiously enough they're likewise a world forerunner in flying yoga preparing. It's a particularly different gathering of educators with a large number of involvement and a mind boggling local area #uluyogafam. It's been quite a while since I've felt this energized and good that I really needed to leave a remark and offer it with you all. I simply trust this helps another person however much it has helped me: Ulu Yoga . Meanwhile, in the event that you're only searching for a few fascinating and useful articles. look at the blog: Yoga Sites https://home.toko.pk/

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Meminum Air Lemon Selama 7 Hari Menurunkan Berat Badan